STRATEGI PEMBINAAN OLIMPIADE

1. Tugas Pembina Olimpiade
* Menjaring siswa berpotensi yang akan dibina
* Membuat jadwal pembinaan
* Melakukan pembinaan secara kontinue
* Aktif menambah wawasan keilmuan matematika

2. Strategi Pembelajaran
* Harus mempunyai sikap “jangan bertindak sebagai guru”
* Sebaiknya memposisikan diri sebagai pembina/pelatih
* Harus dapat berperan sebagai motivator dan fasilitator
* Harus dapat memberikan masukan dan umpan balik ke siswa
* Harus mendorong siswa untuk aktif mencari materi sendiri dari berbagai sumber (internet, buku, dll)
* Harus mendorong terjadinya diskusi antara siswa dan pembina mengenai materi yang sedang dibahas

3. Materi yang diajarkan
* Tidak langsung memberikan soal sulit yang membuat siswa “stres”
* Dimulai dari pengetahuan yang dimiliki siswa (sesuai kurikulum)
* Lebih menekankan pada pemahaman konsep yang menjadi dasar untuk menemukan pengetahuan yang baru
* Diberikan secara berjenjang

4. Model-Model Pengajaran
* Siswa diajari terlebih dahulu materi penghantar kemudian mereka diberi soal dan setelah selesai diberikan lagi materi penghantar dan diberikan soal lagi.
* Siswa diberikan masalah, kemudian mereka dibimbing satu-satu dalam mengerjakan, yang cepat selesai akan segera mendapat tambahan soal sampai selesai
* Siswa diberikan paket soal kemudian diberikan waktu ±1 jam untuk mengerjakan kemudian baru di bahas

5. Eksplorasi
* Secara berkala siswa dilatih eksplorasi
(memberikan alat-alat peraga atau media tertentu untuk memecahkan suatu masalah)
* Secara berkala diadakan kegiatan eksplorasi yang sifatnya beregu
* Eksplorasi bisa pula dilakukan melalui permainan.

7. Kriteria Soal Olimpiade
* Materi harus sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki siswa
* Dirancang agar siswa tidak mempunyai prosedur khusus untuk mengerjakan
* Dirancang agar ada proses pemecahan masalah dalam menyelesaikan soalnya

8. Kendala Membuat Soal
* Membuat soal yang bermutu yang biasanya membutuhkan waktu yang lama
* Biasanya pembuat soal hanya membuat soal yang berhubungan dengan aktivitas harian sehingga siswa kurang mendapat wawasan
* Soal-soal yang dihasilkan setiap minggu sedikit

9. Renungan kata – kata bijak
JIKA KITA MEMPUNYAI SEBUAH APEL DAN KAWAN KITA MEMPUNYAI SEBUAH APEL. JIKA KITA SALING BERTUKAR APEL MAKA KITA MASING-MASING TETAP AKAN MEMPUNYAI SATU BUAH APEL
TETAPI
JIKA KITA MEMPUNYAI SEBUAH PEMIKIRAN DAN KAWAN KITA MEMPUNYAI SEBUAH PEMIKIRAN. JIKA KITA SALING BERTUKAR PEMIKIRAN MAKA KITA MASING-MASING AKAN MEMPUNYAI PALING SEDIKIT DUA BUAH PEMIKIRAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s