TP3L (Tim Peduli Prestasi Pendidikan Lumajang)

Nama TP3L (Tim Peduli Prestasi Pendidikan Lumajang) mungkin sangat asing di telinga masyarakat Lumajang, khususnya para pendidik. Namun di wilayah Jawa Timur maupun Nasional nama TP3L sudah tidak asing lagi karena disetiap efen MIPA (Matematika dan IPA) para siswa didikan TP3L selalu aktif mengikuti dan Alhamdulillah juga mendapatkan prestasi.

TP3L dibentuk dan didirikan di Lumajang Agustus 2008 oleh beberapa pembina MIPA SD yang saat itu memiliki maksud dan tujuan yang sama yakni mendidik siswa – siswi kabupaten Lumajang supaya dapat berprestasi di bidang MIPA.

Para personel TP3L saat ini berjumlah 5 orang yakni :

1. Muhammad Muchtar ( Koordinator )
Nama tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pendidik yang sering mengikuti Lomba MIPA, karena pertama kali Olimpiade Sains bidang Matematika dan IPA SD di gulirkan tahun 2003 pembina yang satu ini sudah terjun didalamnya dan berhasil membawa nama harum Kabupaten Lumajang hingga tingkat Internasional. Sebut saja nama “ Azki Nuril Ilmiyah ” adalah salah satu dari sekian siswa yang telah di didiknya.
Suami dari Henny Krisnawati dan ayah 2 anak (Arini dan Ilkiyah) ini sehari – hari adalah bekerja sebagai guru di SDN Sarikemuning 02 Kecamatan Senduro. Berkat pengalamannya di bidang Olimpiade MIPA maka beliau dipercaya sebagai koordinator di TP3L ini. Setiap hari beliau mengabdikan dirinya sebagai pembina Matematika yang mengajarkan kecepatan berhitung serta tips dan trik mengerjakan soal – soal pilihan ganda dan isian singkat.

2. Enjang Bayu Irawan
Perawakannya kecil, itulah sekilas gambaran mengenai pembina yang satu ini, sehingga banyak yang mengira beliau masih SMA. Di TP3L beliau mengajarkan bidang matematika dan IPA yakni model soal – soal uraian. Setiap harinya beliau sebagai pendidik di SDN Jambekumbu 3 Kecamatan Pasrujambe.
Suami dari Siti Muntamah dan Ayah dari Seorang anak ini di kenal sangat tekun dalam mendidik anak – anak sehingga beliau sangat dekat dengan siswa – siswi didikannya.

3. Andra Jaya
SDN Citrodiwangsan 1 adalah tempat sehari – hari beliau bekerja. Di kalangan siswa – siswi pembinaan Pak Andra ini mengajarkan bidang matematika. Selain itu penanaman mental serta kepribadian juga menjadi tanggung jawabnya agar anak menjadi tidak sombong saat menjadi juara dan tetap semangat saat kalah.

4. Nurul Huda Putra Alam
Tegas, dan bertanggung jawab itulah yang di kenal oleh anak – anak pembinaan terhadap pembina yang satu ini. Setiap hari beliau sebagai tenaga pengajar di SDN Citrodiwangsan 1 kecamatan Lumajang. Di TP3L beliau mengajarkan matematika dan IPA.

5. Aris Dwinoto
Walaupun masih baru bergabung dengan TP3L pembina ini cepat beradaptasi baik terhadap para pembina lain maupun dengan anak – anak. Selera humornya yang tinggi serta suka senyum membuat anak-anak betah diajarnya hingga berjam – jam. Sehari – hari beliau mengajar di SDN Kandangan 3 Kecamatan Senduro.

Dari 5 pembina inilah nama kabupaten Lumajang mulai dikenal dalam bidang MIPA tidak hanya di Jawa Timur namun sudah sampai di Nasional dan Internasional.

Untuk meningkatkan kualitas tenaga pembina TP3L, mereka selalu aktif melakukan pertemuan dan mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Guru pembina Olimpiade. “ Alhamdulillah “ selama mengikuti pendidikan dan pelatihan, pembina–pembina TP3L juga selalu mendapat predikat memuaskan. Misal saat mengikuti Diklat Guru Pemandu Matematika jenjang dasar di P4TK Yogyakarta salah satu pembina menjadi peringkat 1 untuk 2 angkatan sekaligus. Kemudian pada pelatihan Pembina Olimpiade Matematika di Al Hikmah Surabaya yang mendatangkan R. Ridwan Hasan Saputra ( Pembina Olimpiade Matematika Internasional ) para pembina TP3L juga mendapatkan hasil yang lumayan bagus pada nilai Pre tes. sehingga tidak diragukan lagi kalau para pembina TP3L juga memiliki kualitas yang bagus.

Peringkat 1 Tingkat Nasional, Diklat Guru Pemandu Matematika SD Jenjang Dasar
Di PPPPTK Matematika Jogjakarta tahun 2010

“ IKHLAS BERBAKTI … RAIH PRESTASI “ adalah Motto yang selalu menjadi ciri khas para pembina. “ Ya, memang kami lebih banyak berkorban materi dan waktu untuk mengurusi TP3L, namun terasa lunas terbayar saat anak – anak berhasil meraih prestasi. Kebanggaan hati ini tidak dapat diganti oleh apapun. Kami bangga saat anak – anak Lumajang mampu bersaing di bidang MIPA apalagi saat meraih juara “. Demikianlah cuplikan kata – kata pembina TP3L tentang niatnya dalam mempersiapkan prestasi anak-anak Lumajang di bidang MIPA.

Pembina TP3L saat mendampingi siswa – siswi Lumajang

Di tanya masalah kendala, spontan para pembina TP3L menjawab “ Kendala kami saat ini adalah tempat dan siswa yang berminat dalam olimpiade MIPA “. Karena saat ini para pembina TP3L menggunakan SDN Citrodiwangsan 1 sebagai tempat pembinaan. “ kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dra Cholifah yang mendukung penuh kegiatan kami “., kata M. Muchtar selaku koordinator TP3L.
Dan kami juga membuka diri terhadap sekolah yang siswanya memiliki kelebihan dalam bidang matematika atau IPA maupun orang tua yang merasa anaknya memiliki bakat di bidang matematika maupun IPA untuk bergabung dengan kami dalam menciptakan prestasi Lumajang di bidang MIPA. Selama ini hanya beberapa SD di Kecamatan Lumajang saja, namun mulai tahun 2010 ini ada beberapa SD di luar Kecamatan Lumajang yang sudah mulai gabung, Alhamdulillah anak – anak yang dari luar kota meraih hasil yang memuaskan Misalnya “ M. Reza Alfonsing “ dari SDN Purwosono, dengan meraih medali perak di Internasional Mathematic Contest 2010 di Singapura serta penghargaan “Credit” (Setingkat Perunggu) Australian Mathematitic Competition 2010. Ada juga “ Irfan “ dari SDN Senduro 1 meraih juara 3 olimpiade IPA Se-Jatim dan harapan 1 Olimpiade Matematika Univ. Jember, menjadi bukti nyata kalau sesungguhnya anak – anak dari luar Kec. Lumajang juga memiliki kemampuan yang sama, namun kurang terasah dan belum terbiasa dengan model soal – soal olimpiade.

About these ads

9 comments on “TP3L (Tim Peduli Prestasi Pendidikan Lumajang)

  1. assalamu’alaikum… salam untuk Pak Muchtar, Pak Enjang, Pak Huda dan Pak Andra,,,, teman2 seperjuangan….
    semoga perjuangannya bernilai ibadah . . .
    tetap semangat… walaupun jujur andai bertemu dengan tim olimpiade TP3L saat event olimpiade kami merasa was-was heee… SEMANGAT TERUZZZ . . . (MI AT TAQWA Bondowoso)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s